caption trialgame

Tips Sukses Jual Motor Trail Bekas

Monday, 3 June 2024

Tips Sukses Jual  Motor Trail Bekas


Suatu saat pasti Anda berpikiri untuk mengganti motor trail Anda. Beragam pertimbangan biasanya menjadi faktor pemicunya. Mulai dari ingin motor trail yang lebih bertenaga, ingin yang model baru, atau malah pensiun dari dunia motor trail. Biasanya hal ini disusul dengan dilema berikutnya nih yaitu menjual atau tetap menyimpan motor trail lama Anda.

Minimnya tempat penyimpanan biasanya menjadi alasan utama untuk menjual motor trail lama dan alasan kedua adalah uang hasil penjualan dipakai untuk menambah membeli yang baru. Nah jika Anda ingin menjual motor trail lama Anda, tentu saja mengharapkan harga jual terbaik bukan? Untuk itu kami bakal jelaskan kepada ada beberapa faktor nih yang bisa membuat harga jual motor trail Anda terjun bebas. Simak ya.

Yang pertama tentu saja adalah kondisi mesin. Kondisi mesin yang prima dan minim kerusakan, pastinya berdampak pada harga jual kembali yang tinggi. Itu sebabnya Anda harus rutin merawat motor trail . Jika mesin berbunyi kasar, apalagi keluar asap putih dari knalpot, dapat dipastikan harga jual kembali motor trail Anda akan rendah.

Calon pembeli butuh biaya untuk memperbaiki kondisi mesin motor yang Anda jual, sehingga berdampak pada harga beli yang akan diturunkan. Jadi sebaiknya persiapkan kondisi mesin motor sebelum berniat untuk menjualnya. Selain mesin, jarak tempuh di odometer juga menjadi faktor penentu harga jual. Jika motor yang sudah memiliki jarak tempuh sangat jauh, biasanya akan menurun harga jual kembalinya. Hal ini diasumsikan bahwa motor akan menuntut banyak peremajaan karena usia pakainya yang sudah panjang.

Kondisi bodi motor juga penentu taksiran harga jual kembalinya. Jika bodi motor banyak baret, catnya kusam, apalagi bodinya tidak lengkap pasti akan turun. Kondisi stripping bawaan motor yang masih baik dan utuh juga bisa meningkatkan harga jualnya. Kondisi kaki kaki seperti suspensi, ban, dan rem juga mesti diperhatikan sebelum menjual motor bekas. Jika ban sudah habis kembangnya bisa jadi faktor penurun harga jual motor trail Anda.

Fungsi kelistrikan juga mesti diperhatikan. Pastikan semuanya berfungsi, seperti electric starter, sein, klakson, dan spidometer. Fitur pada kendaraan juga pastikan tidak ada kendala seperti misanya auto start/stop, alarm, fungsi keyless, pengaturan spidometer, dan lain lain. Jika seluruh fungsi motor dalam keadaan baik, harga jual kembali motor dijamin bisa tetap terjaga.

Nah terakhir yang perlu diperhatikan adalah dokumen, apalagi jika motor trail Anda adalah motor trail dual sport. Pastikan motor trail Anda memiliki dokumen yang lengkap yaitu STNK dan BPKB. Jika dijual hanya STNK atau BPKB saja, selain illegal, harga jualnya juga pasti jatuh.

Pastikan juga pajak kendaraan masih berlaku saat kita menjualnya. Jika pajak kendaraan sudah habis masa berlakunya, apalagi sudah sangat lama habis, pasti harga jualnya akan jatuh. Hal itu terjadi karena calon pembeli harus menanggung tunggakan pajak plus dendanya, Ketika ingin membeli motormu yang sudah “mati” masa pajaknya. Tapi point terakhir tidak berlaku untuk motor trail enduro yang memang tidak memiliki surat-surat ya.

 

comments

`