caption trialgame

Trabasan Aman Buat Offroader Pemula

Tuesday, 17 September 2024

Trabasan Aman Buat Offroader Pemula


Kegiatan off road menggunakan motor trail makin ramai belakangan ini. Para pabrikan roda dua menawarkan berbagai pilihan motor buat kegiatan trabasan. Meski demikian ada teknik-teknik dasar sebelum berniat main tanah. Salah satunya ialah memilih jalur yang ada di trek. Jangan sampai salah pilih jalur kemudian jatuh terjerembab.

Nah salah satu yang membuat membuat bingung off roader pemula yaitu jika melewati jalan garukan alias parit bekas jejak ban motor sebelumnya. Pemikirannya ialah ban masuk ke parit atau lewat jalan di sebelahnya. Ternyata nih jawabannya adalah cara paling aman adalah ban motor masuk ke dalam parit. Sebab jalan itu sudah dilewati pemotor lain. Kemudian Anda  tinggal mengikuti saja. Takutnya kalaua coba jalan disebelahnya justru takutnya licin.

Nah agar tidak bingung, ada beberapa tips dan trik nih buat para pemula yang baru mengendarai motor trail. Kita coba ulas ya. Saat akan naik motor Posisi Anda di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan, lalu melepaskan standar samping. Posisikan setang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

Saat akan berhenti Saat berhenti pastikan di tanah rata atau gundukan supaya menjaga keseimbangan motor. Posisi motor pada gigi 1 dan tuas kopling ditarik agar mesin motor tidak mati sehingga memudahkan untuk menjalankan motor kembali. Gunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti dan motor jalan kembali.

Saat akan turun Gunakan gigi 1 di jalan tidak rata agar motor tidak bergerak, netralkan gigi di jalan rata. Matikan mesin motor. Setang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak. Anda turun ke sebelah kiri motor.

Saat belok Arah pandangan ke arah tujuan berikutnya supaya fokus ke jalur yang akan dituju dan mengetahui kondisi di jalur tersebut. Atur power motor dengan pengoperasian gas yang halus agar ban tidak selip. Posisi badan melawan kemiringan motor (lean out) dan duduk agak maju agar mudah memegang handle. Posisi kaki mendekap tangki motor (bagian luar tikungan) dan bagian kaki lainnya (bagian dalam tikungan) diluruskan agar keseimbangan motor tetap terjaga. Jika belum mengenal jalur dengan baik, gunakan kecepatan rendah agar lebih aman.

Adapun jika terjatuh dari motor, Anda dapat melepaskan motor jangan ditahan. Lalu sebaiknya menunggu teman atau orang lain yang dapat membantu mendirikan kembali motor, lakukan pengecekan kembali kondisi motor sebelum melanjutkan berkendara.

comments

`