caption trialgame

Trial Game Dirt 2024 : Digelar 2 Hari, Nite Race dan Pesta Kembang Api Raksasa Paling Ditunggu

Tuesday, 25 June 2024

Trial Game Dirt 2024 : Digelar 2 Hari, Nite Race dan Pesta Kembang Api Raksasa Paling Ditunggu

     Tahun ini, Trial Game Dirt (TGD) sudah memasuki tahun ke-19 sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2005. Praktis, gelaran balap trail yang disuguhkan dengan balutan entertainmen yang kental ini hanya vakum saat wabah virus Covid-19 melanda Dunia termasuk Indonesia. Dari seluruh rangkaian acara, balap malam atau nite race dan pesta kembang api raksasa di akhir acara lah yang paling banyak dinanti para penggemar setia Trial Game Dirt.

     Pada sejarahnya, TGD hanya digelar di 2 propinsi saja yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur, meski sempat mampir juga di Jawa Barat beberapa waktu lalu. Penyelenggaraannya pun hanya menyasar pada second city saja, terutama selepas tahun 2010. Yang istimewa adalah sejak pertama bergulir tahun 2005, ajang sportainment ini tak pernah sepi dari penonton, apalagi jika mampir di kota-kota di Jawa Timur seperti Jember, Banyuwangi, Mojokerto, Madiun dan lain sebagainya, ribuan pasang mata selalu memadati tribun dan seluruh area lintasan.

     Nah, buat para penikmat TGD, simak yuk, susunan acara yang ada di Trial Game Dirt. Yup, TGD digelar selama 2 hari yakni pada hari Jumat dan Sabtu. Lintasan mulai dibuka untuk latihan resmi atau free practice pada Jumat siang selepas Shalat Jumat. Kemudian dilanjutkan dengan briefing peserta yang diikuti oleh seluruh pebalap yang akan berlaga. Kelar briefing, rangkaian acara dilanjutkan dengan race yakni pelaksanaan heat 1 untuk kelas Free For All, Campuran Open dan Campuran Non Seeded (Sesuai arahan di breafing berdasarkan jumlah peserta). Heat 1 ini digelar hingga pukul 17.00 WIB, sebelum memasuki waktu jeda dan dilanjutkan kembali selepas pukul 19.00 WIB. Selanjutnya setelah jeda, giliran heat ke-2 dilaksanakan, kembali untuk kelas Campuran Open dan Free For All (FFA). Oiya, sebelumnya penonton akan dihibur dengan live music dari band ternama sebelum mamasuki heat ke-2. Nite race di hari pertama ini biasanya selesai hingga pukul 22.00 WIB.

     Hari kedua, selain memperlombakan heat 3 dan 4 untuk kelas utama FFA dan Campuran Open, juga dilaksanakan untuk melakoni heat 1 & 2 kelas FFA Master. Balapan dimulai siang pada pukul 13.00 WIB dengan heat 1 kelas Campuran Non Seeded dan dilanjutkan secara berurutan dengan Campuran Open (heat 3) serta kelas FFA Master. Sama halnya di hari 1, hari kedua juga digelar mulai siang hingga sore hari dan dilanjutkan dengan nite race. Eh, sebelum memasuki final heat yaitu heat ke-3 dan 4 kelas paling bergengsi FFA dan heat ke-4 Campuran Open, ada satu moment yang juga paling dinanti ribuan penonton, yakni Devile atau parade para Rider berkeliling lintasan menggunakan motor tanpa menggunakan helm. Jadi para penonton bisa melihat secara langsung para pebalap idolanya. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars IMI.

     Nah, ini yang menjadi puncak acara dan paling ditunggu, pesta kembang api raksasa! Sesaat setelah heat terakhir kelas FFA percikan api raksasa mulai dinyalakan selama kurang lebih 10 menit dan dilanjutkan dengan ceremony pembagian hadiah bagi para pemenang di panggung utama.

     Demikian rangkaian acara Trial Game Dirt 2024. So, tunggu apalagi, seri perdana TGD 2024 sebentar lagi akan dihelat di Sirkuit Lapangan Garnisun Kalisari, Semarang, 5-6 Juli mendatang. Pastikan kalian hadir ya. Oiya, buat penonton free entry!!! Alias gratis buat nonton seluruh rangkaian acara TGD.    

comments

`