Yah Ternyata Standar Samping Motor Trail Banyak Bikin Rugi
![](/assets/backend/content/news/IMG-1739259110.jpg)
Yah Ternyata Standar Samping Motor Trail Banyak Bikin Rugi
Beberapa tipe motor dilengkapi dengan dua standar yang ditempatkan pada dua sisi, yakni tengah dan samping. Tapi tidak demikian dengan motor trail, biasanya motor trail hanya dilengkai dengan standar samping saja.
Dalam hal penggunaan, standar samping memang lebih praktis dan mudah ketimbang standar tengah. Meski tak terlalu banyak mengeluarkan tenaga dalam pengoperasiannya, penggunaan standar samping ternyata ada efek negatifnya loh.
Menggunakan standar samping pada sepeda motor memang lebih praktis dibandingkan standar tengah. Terutama bagi Anda yang biasanya ingin lebih cepat dan fleksibel. Meski lebih mudah, namun bila menjadi kebiasaan dan terus menerus digunakan ada efek yang merugikan. Mulai dari motor yang berisiko mudah jatuh, hingga menyebabkan peredam kejut alias sokbreker belakang ganda akan rusak atau mati sebelah.
Namun yang jelas ada beberapa resiko nih saat menggunakan standar samping. Yang pprtama, standar samping dapat membuat motor yang terparkir lebih mudah jatuh. Saat diparkir di jalan yang tidak rata, motor yang menggunakan standar samping bisa menjadi sangat miring dan sangat mudah jatuh saat tersenggol. Hal ini juga bisa merugikan tidak hanya motor Anda, tetapi juga motor di sebelahnya. Jadi pastikan memarkir kendaraan di daerah yang permukaannya datar.
Kedua, ketika menggunakan standar samping posisi motor menjadi tidak seimbang dan condong ke kiri. Hal ini bisa membuat sisi sebelah kiri ban motor menjadi lebih cepat gundul. Dalam posisi ini, permukaan ban yang menyentuh aspal juga lebih banyak dan dapat membuat tekanan angin di dalam ban semakin berkurang.
Kerap menggunakan standar samping bisa membuat kualitas ban mengalami penurunan. Ketika motor terlalu lama di parkir menggunakan standar samping, maka kondisi roda belakang dan depan akan menahan beban belebih di satu sisi. Tekanan inilah yang bisa membuat ban cepat gundul karena terkikis lantai. Selain itu, udara dalam ban pun bisa mengalami penurunan karena tekanan dari satu sisi, sehingga bisa menyebabkan ban kempis secara tiba-tiba.
Tidak hanya itu, posisi ini juga membuat suspensi di sebelah kiri menjadi lebih berat. Konon akibatnya shock menjadi condong ke satu sisi dan shock kiri akan lebih cepat rusak. Tapi beberapa pengamat mengatakan bahwa dengan menggunakan standar samping memang gaya tekan pada sokbreker belakang sebelah kiri lebih besar dibanding yang kanan. Namun itu tidak signifikan. Jadi, tidak akan sampai merusak sokbreker belakang, kecuali, jika dalam posisi tersebut motor diduduki. Maka, bukan hanya sokbreker saja yang berdampak, tapi juga standar samping.
Terakhir, diakui atau tidak, banyak pengendara yang seringkali lupa untuk menaikkan standar mereka setelah parkir dengan standar samping.Hal ini bisa membahayakan keselamatan Anda dan orang lain yang ada di jalanan apalagi ketika motor condong ke samping. Nah makanya banyak yang menggunakan vertical stand menyimpan motor trail dalam waktu lama.
Image credit : tigitmotorbikes.com
comments
`