caption trialgame

Menemukan Tanda-tanda ini? Motor Trail Wajib Turun Mesin

Thursday, 15 December 2016

Bagi pengendara motor trail dan tentunya pengguna kendaraan otomotif kebanyakan lainnya, turun mesin seakan menjadi momok yang sangat menakutkan. Motor trail kesayangan Anda tiba-tiba mesinnya mengalami kemacetan dan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Bayangkan jika hal ini terjadi saat Anda sedang melakukan petualangan di lokasi yang terpencil, tidak hanya itu, perbaikan atas kerusakan ini juga memerlukan dana yang tidak sedikit.

Turun mesin merupakan istilah yang menyatakan bahwa mesin motor trail harus dibongkar total atau diganti dengan yang baru. Penyebab utamanya yaitu adanya kerusakan yang sangat serius pada mesin tersebut seperti mesin yang sudah tak layak pakai atau terdapat komponen yang mengalami patah. Jika mesin dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus dikhawatirkan justru akan menimbulkan akibat yang fatal bagi pengendaranya.

Nah untuk mencegah hal ini terjadi pada motor tral Anda, kami akan memberikan gambaran mengenai ciri-ciri yang dialami oleh motor trali yang harus turun mesin.

  1. Keluar Asap Putih dari Knalpot
    Pada saat Anda memanaskan mesin motor trail, terutama jika dilakukan pada  pagi hari, tiba-tiba knalpot mengeluarkan asap putih, kemungkinan besar ring piston-nya mengalamai kerusakan serius sehingga mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan turun mesin setengah yaitu mengganti ring piston berikut pistonnya. Jika hal ini terjadi motor trail Anda tidak akan pernah bisa maksimal dalam kecepatan tinggi.
  1. Terdengar Bunyi Berisik di Katup
    Munculnya suara berisik yang berasal dari katup udara biasanya disebabkan oleh setelannya terlalu longgar atau noken as sudah aus. Kemungkinan penyebab lainnya adalah rantai keteng yang dipasang terlalu longgar. Jika Anda menemui masalah ini, segeralah setel ulang bagian-bagian yang pengaturannya salah supaya tidak merembet ke komponen motor trail lainnya.
  2. Blok Mesin Belakang yang Berisik
    Raungan yang berasal dari blok mesin belakang umumnya dipicu oleh pemasangan krus as dan poros engkol yang tidak tepat. Anda bisa mengeceknya langsung dengan meminta bantuan dari mekanik yang sudah ahli. Hindari pula kebiasaan menekan gas motor trail terlalu dalam sebab dapat menggeser krus as dan poros engkol.
  3. Adanya Kebocoran Oli
    Kebocoran yang terjadi pada blok mesin sehingga menyebabkan oli menetes keluar, biasanya disebabkan oleh bagian gasket atau parepack-nya sudah rusak dan harus segera diganti. Pastikan Anda memperbaiki kerusakan ini secepat mungkin. Bila oli mesin sampai habis, maka komponen-komponen di dalamnya pun akan aus dan rusak.
  1. Mesin Sama Sekali Tidak Menyala
    Kebanyakan mesin motor trail yang tidak mau menyala dikarenakan ada komponen di dalam mesin yang patah. Bisa jadi part yang rusak tersebut adalah poros engkol, stang piston, gearbox, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi pada motor trail Anda, sebaiknya segera membawanya ke mekanik kepercayaan Anda, mengingat tingkat kerusakan yang sudah kronis. Lepaskan rantai dari gear belakang, jika posisi gigi motor trail Anda tidak normal sehingga tidak bisa membuat motor trail bergerak.

 

Image credit : graceracingministries.com

comments

`