caption trialgame

Rantai Keteng Dan Permasalahannya!

Tuesday, 25 January 2022

Rantai Keteng Dan Permasalahannya!

 

Pernah dengar istilah rantai keteng? Pernah dong pastinya? Jika belum kami akan coba jelaskan ya.  Rantai keteng atau kerap disebut rantai kamprat berfungsi menyalurkan tenaga dari kruk as ke bagian noken as. Fungsi rantai keteng sebagi penyalur tenaga dari crankshaft atau kruk as ke bagian camshaft atau noken as yang berada di head.

Nah setelah camshaft mendapatkan tenaga putaran yang disalurkan rantai keteng, camshaft menyalurkan tenaganya buat membuka dan menutup klep.  "Makanya bila rantai keteng mengalami masalah putaran mesin menjadi tidak stabilHampir kebanyakan di motor 4-stroke menggunakan rantai keteng, meskipun ada yang pakai teknologi lain. Bentuk rantai keteng hampir mirip dengan rantai pada roda, namun hanya bentuknya yang lebih kecil dan memiliki ulir yang beda.

Rantai keteng yang rusak memang tidak terlalu berpengaruh terhadap performa motor. Namun jika dibiarkan maka dapat mengakibatkan efek fatal pada mesin. Biasanya ciri rantai keteng yang rusak adalah kendur sehingga membuat mesin lebih berisik. Efeknya komponen di dalam mesin bisa rusak total, seperti klep bengkok, bushing klep pecah, bahkan bisa bikin piston lecet.

Biasanya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada rantai keteng sepeda motor. Salah satunya adalah kebiasan telat mengganti oli mesin. Selain itu menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasinya juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini. Penyetelan rantai keteng yang engga pas juga bisa jadi salah satu penyebab. Kalau pemasangan rantai keteng sebenarnya tidak terlalu sulit.

Karena fungsinya yang vital dalam kerja mesin, rantai keteng tidak boleh sampai aus bahkan rusak. Rantai keteng dapat aus oleh beberapa faktor. Umumnya rantai keteng dapat aus karena sikap pemilik motor yang salah dalam berkendara. Rantai keteng bisa aus karena gesekan. Jika Anda sering main RPM tinggi, maka akan lebih cepat juga ausnya karena gesekan makin tinggi.

Namun sebenarnya  jarang ditemukan pengendara yang memaju sepeda motornya dengan memainkan RPM tinggi terus-menerus. Penyebab utama rantai keteng mudah aus lebih disebabkan pemilik motor yang tidak rutin mengganti oli mesinnya.

Jika rantai keteng sudah aus, tentu penggantian harus segera dilakukan. Dan jika mengganti, sebaiknya dilakukan penggantian rantai keteng sepaket dengan tensioner. Penggantian secara sepaket ini disarankan dengan alasan agar kerja mesin lebih optimal dan rantai keteng yang baru tidak mudah aus kembali. Sebab ada contoh kasus rantai keteng lebih cepat aus karena tensioner sudah rusak.

 

comments

`