caption trialgame

Kenali Dua Tipe Ban Dual Sport

Tuesday, 1 August 2023

Kenali Dua Tipe Ban Dual Sport


untuk Anda pengguna motor trail harian pasti lebih nyaman menggunakan ban dual sport ketimbang ban offroad atau ban tahu. Nah dari dari segi konstruksi, ban motor biasanya terbagi atas dua tipe, yaitu ban bias dan ban radial.

Secara bentuk dan desain pada ban tipe radial, baik alur atau kembangannya tidak ada bedanya dengan ban tipe bias tapi dari sisi harga, ban radial umumnya 30-40% lebih mahal. Apa sih yang bikin ban radial lebih mahal?  Pertama, dari segi struktur.Ban bias, dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban.  Jadi, cord atau nylon tersebut ditenun dengan cara zig- zag, membentuk sudut 40 sampai 65 derajat.

Sementara konstruksi dari ban radial, beda total dari ban tipe bias. Konstruksi  cord ban radian disusun secara vertikal dan horizontal, sehingga berbentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban dan  anyamannya juga dibuat dari serat baja sehingga lebih kuat.

Sudah jelas jika perbedaan konstruksi itu membuat efek yang berbeda ketika dipakai riding. Ban radial  memiliki konstruksi yang lebih komplek maka dari dia memilki keunggulan dibandingkan ban bias. Konstruksi ban radial lebih merata dan fleksibel, sehingga daya cengkram ban akan jauh lebih baik ketimbang ban bias. Dan Karena konstruksi yang lebih merata tadi, maka usia pakai ban radial bisa menjadi lebih lama ketimbang ban bias. Sedangkan ban bias, konstruksinya menyilang dan berpusat si tengah saja makanya bagian tengah ban bias, cenderung lebih cepat habis. Sementara radial akan lebih tahan lama.

Adanya perbedaan konstruksi ini pula yang berdampak ke adanya perbedaan performa. Karena ban bias maupun ban radial memiliki telapak ban yang sangat berbeda. Ban bias punya telapak yang lebih tebal. Sedangkan ban radial punya telapak ban yang lebih tipis, namun daya cengkramnya ke permukaan jalan lebih bagus.

Jadi kalau ban radial keunggulan kontak ke jalanan yang lebih baik. Kalau ban bias lebih kepada mampu menahan bobot yang lebih berat. Ban radial juga lebih tahan dipakai kondisi yang panas terlebih saat pengendara memacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian ban bias lebih banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari sementara ban radial lebih cocok untuk mereka yang turun di ajang lomba. Nah jadi mana yang lebih cocok nih ? radial atau bias?

 

comments

`