caption trialgame

Yaelah Perseneling Motor Trail Keras Banget Nih

Tuesday, 26 September 2023

Yaelah Perseneling Motor Trail Keras Banget Nih


Motor trail menggunakan sistem perseneling dan sistem ini adalah komponen penting. Salah satu bagian dari sistem ini adalah tuas persneling yang berfungsi untuk mengganti gigi. Jika persneling motor keras, maka proses perpindahan gigi menjadi sulit atau bahkan tidak bisa berfungsi.

Selain itu, persneling motor yang keras juga dapat memberikan banyak dampak negatif bagi kenyamanan dan kinerja berkendara Anda. Selain mengganggu kenyamanan dan kinerja berkendara, persneling motor yang keras ternyata juga dapat merusak beberapa komponen dalam sistem transmisi motor.

Salah satu dampak yang paling terasa adalah kesulitan dalam mengganti gigi persneling. Kalaupun bisa, Anda perlu lebih banyak usaha dan tekanan pada tuasnya untuk memindahkan persneling ke gigi yang diinginkan. Karena terasa keras ketika ditekan, otomatis Anda akan merasa kurang nyaman. Selain itu, biasanya akan timbul getaran atau guncangan yang terasa mengganggu saat proses mengganti persneling.

Jika tidak segera diatasi, persneling yang keras dapat merusak komponen transmisi. Sebab, gesekan yang berlebihan dan tekanan pada komponen terkait bisa mengakibatkan ausnya bagian transmisi seperti gigi, shift fork, dan bearing.

Lalu, sebenarnya apa penyebab persneling motor keras ketika dioperasikan? Agar bisa mengidentifikasi solusi untuk mengatasi masalah tersebut, pertama-tama ketahui apa saja faktor penyebabnya dong. Penyebab pertama yang disebutkan adalah pengaturan setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang tidak tepat. Ini mengacu pada jarak kerenggangan atau ketegangan yang dimiliki oleh tuas persneling.  Jika pengaturan ini tidak sesuai, perpindahan gigi bisa terasa lebih sulit atau keras. Jika jaraknya terlalu sempit, perpindahan gigi akan lebih mudah tapi akselerasi motor menjadi lambat. Sebaliknya, jika terlalu renggang, perpindahan gigi menjadi sulit.

Kemudian adanya kerusakan pada arm pendorong kopling. Meski jarang diperhatikan, komponen ini sebenarnya berperan penting dalam proses perpindahan gigi. Sehingga jika rusak, perpindahan gigi akan sulit dilakukan meskipun pengaturan mur dan baut persnelingnya sudah benar.

Plat kopling yang rusak juga dapat membuat perpindahan gigi terasa berat. Jika plat kopling melengkung atau mengalami kerusakan lainnya, maka kerenggangan antara kampas kopling menjadi tidak maksimal sehingga bisa menghambat perpindahan gigi.

Oli mesin yang kualitasnya kurang juga dapat menjadi salah satu penyebab persneling terasa keras. Ketika oli yang Anda gunakan tidak memiliki kemampuan pelumasan yang baik, gesekan antar gigi persneling dan komponen lain dapat meningkat. Ini membuat persneling terasa keras dioperasikan dan juga dapat mengakibatkan ausnya komponen transmisi. Selain itu, viskositas atau tingkat kekentalan oli yang terlalu encer maupun terlalu kental juga bisa menyulitkan proses pindah gigi.

Clutch cover yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan persneling motor keras hingga perpindahan gigi menjadi sulit. Tanda-tanda rusaknya clutch cover biasanya dapat terdengar melalui suara kasar saat memindahkan gigi transmisi.

Sementara itu, kampas kopling yang sudah menipis akibat pemakaian berkepanjangan juga bisa membuat perpindahan gigi lebih sulit. Kampas kopling yang aus tidak lagi dapat berfungsi dengan baik, sehingga mempengaruhi kinerja persneling. Oh iya kondisi kabel kopling juga berpengaruh lho. Kabel kopling yang berkarat atau kaku fungsinya akan terganggu. Secara lebih spesifik, kabel yang tidak berfungsi dengan baik tidak akan bisa mengirimkan sinyal yang tepat untuk mengendurkan kopling saat perpindahan gigi.

Lantas gimana dong cara mengatasinya? Tenaaaang kami bakal bahas di artikel selanjutnya ya, tetap simak trialgame.id ya untuk ulasan lebih lengkapnya.

comments

`