caption trialgame

Pentingnya Proses Pembakaran yang Sempurna

Thursday, 5 April 2018

Proses pembakaran pada motor trail dikatakan sempurna bila campuran bahan bakar dan udara dapat terbakar seluruhnya pada waktu dan keadaan yang dikehendaki. Nah untuk mengetahui apakah pembakaran motor trail yang Anda tunggangi sudah sempurna, diperlukan sebuah alat untuk mengukurnya. Alat tersebut adalah Air-Fuel Ratio Meter atau yang biasa disebut dengan nama AFR Meter.

Ada dua istilah yang biasanya digunakan oleh mekanik di Indonesia yaitu lean (miskin/kurus) untuk AFR yang punya ciri-ciri umum tenaga mesin kurang.Pada kondisi ini konsumsi bahan bakar terlampau irit, sehingga kadang terjadi detonasi.Sementara istilah rich (kaya/gemuk) dipakai untuk AFR yang punya ciri-ciri mesin terlalu boros bahan bakar.Di kondisi ini mesin lebih bertenaga meskipun kadang putaran mesin tidak stabil.

Menurut panduan, secara umum angka ideal AFR ada di kisaran angka 14,7 : 1. Itu adalah ratio yang memungkinkan pembakaran bensin secara sempurna. Angka ratio ini memang selalu berubah-ubah, namun tak selisih jauh dari rentang (range) toleransinya. Namun ada kalanya pabrikan sengaja mensetting miskin AFR ini sesuai target yang ingin dicapai, sesuai karakter motor.

Apa sih akibat dari pembakaran yang kurang sempurna ? sebenarnya ada banyak tapi kami coba sebutkan beberapa hal yang sering terjadi seperti kerugian panas dalam motor menjadi besar, sehingga efisiensi motor menjadi turun. Kemudian sisa pembakaran dapat menyebabkan pegas-pegas piston melekat pada alurnya, Sehingga ia tidak berfungsi lagi sebagai pegas torak.

Sisa pebakaran juga dapat melekat di lubang pembuangan antara katub dan dudukannya. Terutama pada katub buang, sehingga katub tidak dapat menutup dengan rapat. Sisi pembakaran yang telah menjadi keras yang melekat antara piston dan dinding silinnder meng halangi pelumasan sehingga piston dan silinser mudah aus.

Nah berikut ini panduan umum ratio AFR yang bisa dijadikan acuan sebelum setting ulang sistem karburasi motor kalian, baik yang masih memakai karburator atau sudah injeksi , selamat mencoba ya.

•   12 – 13 : 1 Adalah ratio yang menghasilkan tenaga paling besar atau maksimum.
•   15 : 1 Adalah ratio yang memungkinkan pembakaran bensin secara sempurna.
•   16 – 17 : 1 Adalah ratio untuk pemakaian bensin paling irit.

comments

`