Kupas Habis Motor Adventure Terbaru!
![](/assets/backend/content/news/IMG-1661248509.jpg)
Kupas Habis Motor Adventure Terbaru!
Motor adventure seolah mendapat tempat baru di hati para penggila motor. Gak heran jika kemudian pabrikan motor mendapat angin segar dengan meluncurkan beragam tipe motor jenis ini. Tidak ketinggalan tentu pabrikan asal Jepang, Honda, yang setelah sukses merambah pasar motor trail tanah air, kini mulai melirik pasar adventure touring.
Tidak tanggung-tanggung, mereka meluncurkan sebuah tipe motor tersendiri yang merupakan pioner pada jenis adventure touring, yaitu Honda CB150x. Motor ini sebenernya memiliki memiliki basis yang tidak jauh berbeda dari CB150-Series. Secara tampilan, CB150X terlihat lebih tinggi daripada motor CB150-Series berkat suspensi depan yang ditingkatkan agar mampu libas medan lebih berat sebagai motor adventure. Kemudian riding position juga beda dengan CB150R terutama dari posisi setang yang tinggi dan lebar. Membuat posisi tangan pengendara nyaman karena lebih tegak dan siku menekuk, sehingga lebih ergonomis
Bicara handling, yang ditawarkan CB150X memang bikin nyaman banget. Handlingnya nikmat sekali, tidak bikin pegal tangan, kaki maupun badan. Kalau dipakai berkendara non-stop 2 jam lebih, tak ada rasa-rasa pegal. Paling cuma di area bokong saja, Hal ini wajar karena postur tegak, area tangan, lengan sampai bahu tidak mudah pegal. Biasanya disebabkan karena menahan setang. Selain itu, motor ini juga terasa stabil dan mudah dikendalikan. Buat pemula juga masih ramah tentunya. Bikin percaya diri saat membawanya di jalan.
Shock depannya sangat empuk. Mantap meredam jalanan tak rata. Lubang-lubang kecil bukan lawan, lindas saja. Diredam sangat baik oleh shock Showa upside down. Jadi getaran di tangan dan badan juga minim. Sedangkan shock belakang terasa agak kaku. Sepertinya dibikin begitu dengan pertimbangan penggunaan harian di perkotaan. Selain itu juga ada pertimbangan buat menambah beban seperti box dan pannier di belakang.
Bobot ringan, setang tinggi, radius putar dan dimensi panjang serta wheelbase, itu semua bikin CB150X sangat ramah buat dipakai harian. Macet-macetan rasanya bukan masalah. Menyelip di rimbunnya mobil seperti naked bike biasa saja. Tapi tetap butuh pembiasaan bagi yang posturnya tidak terlalu tinggi.
Bagaimana performanya? Catatan spesifikasi mesin, bore 57,3 mm dan stroke 57,8 mm. Tenaga yang dihasilkan 15,6 PS pada 9.000 rpm. Torsinya mencapai 13,8 Nm tersedia pada 7.000 rpm. Disalurkan lewat transmisi 6-speed.Tarikan awal sudah cukup menyentak. Tapi memang nafas tiap gear terasa pendek. Cuma enaknya gear ke-2 cukup buat awalan, selama tidak berhenti total. Bahkan kala momentumnya kurang di tanjakan sekalipun dan rpm rendah, pakai gear ke-3 masih kuat menanjak. Asyiknya lagi kalau pas touring, jalanan perbukitan dan berkelok-kelok. Anda cukup bermain di gear ke-3 dan ke-4 dengan rentang 4.000 - 5.000 rpm. Cruising terasa lancar jaya. Apalagi dikombinasikan dengan handling yang itu tadi, jempolan
Terasa memang setelannya padat di putaran bawah sampai tengah. Tapi kompensasinya di putaran atas. Kalau diajak lari kencang di trek lurus, CB150X ini bakal mudah kehabisan nafas, meski sudah pakai gearbox 6-speed. Bukan masalah kalau melihat banyak kelebihan di sektor performa. Dan rasanya sudah tepat guna, peruntukannya sebagai kendaraan touring. Tak perlu kebut-kebutan membanggakan top speed.
Untuk deselarasi, cakram depan belakang tanpa ABS. Jenisnya piringan bergelombang. Performa sudah mencukupi buat harian maupun touring. Sementara roda 17 inci dengan balutan ban yang secara mengejutkan sangat layak dipakai blusukan ke daerah tidak dikenal. Meski jalanan basah akibat hujan, performa rem dan daya cengkeram dari ban standarnya bisa diandalkan. Nah buat Anda yang kebetulan sedang mencari motor adventure, senang rasanya bukan mendapat pilihan baru sebelum memutuskan untuk membelinya.
comments
`