caption trialgame

Lucu! Offroad Klasik Nan Unik!

Tuesday, 8 November 2022

Motor Offroad Klasik Dengan Fitur Unik


iapa bilang Honda hanya memiliki seri CRF untuk urusan offroad ? ternyata di tahun 90an, Honda sempat meluncurkan sebuah motor unik yaitu Honda Cub EZ90 yang merupakan model pendobrak tradisi dari Honda mengincar para penggila aktivitas luar ruang dengan model futuristik di era 1990-an. Dengan gaya offroad yang kuat, motor ini dirancang dengan mekanikal yang praktis dan sederhana.

Pasti gak banyak yang tau kan? Motor ini diproduksi pada tahun 1991 dan dirancang untuk menawarkan sensasi off-road sederhana bagi mereka yang belum pernah mengendarai sepeda motor sebelumnya. Idenya terpengaruh oleh motor-motor reli di ajang Paris Dakar pada masa itu. Meski berbentuk seperti skuter, namun EZ90 dikategorikan sebagai cub dengan posisi mesin di bawah rangka backbone meneruskan fenomena Honda Super Cub.

Desain bodi EZ90 yang terbuat dari full plastik dengan tampilan warna khas tricolor honda merah, putih, dan biru. Rangka besi yang tersembunyi di dalam bodi membuat motor ini lebih terlihat simple dan ringan. Selain itu, Keunggulan dari EZ90 yang membuatnya sebagai motor yang mudah dikendarai. Pada 1994 EZ90 dipasarkan dengan livery “Elf” berwarna putih dan merah.

Di balik jok terdapat akses ke tangki oli dan filter udara serta tutup pengisi bahan bakar berada di depannya.  Karena dibuat untuk bisa dikendarai ke alam terbuka, motor ini mempunya space  untuk membawa makanan ringan, suku cadang, dan persediaan.

Untuk ukuran tahun 1990-an, EZ90 memiliki fitur mewah agar bisa dipakai praktis  di antaranya electric sterter dan gearbox automatic serta rantai yang tertutup. EZ90 menggunakan mesin silinder tunggal 90cc 2-tak berpendingin udara dengan sistem otomatis oil injection. Tenaga yang disalurkan ke ban belakang melalui transmisi matic variable-ratio.

Karena dibuat untuk aktivitas offroad, EZ90 juga dibekali suspensi dengan jarak main panjang serta swingarm baja berbentuk tabung persegi panjang  serta  monoshock bertravel 4,3” . Di bagian depan, terdapat garpu teleskopik 27mm  dengan jarak main 3,9“, serta pelindung fork. Pengereman tromol digunakan di depan dan belakang, dan ada pelat baja di bawah mesin untuk melindunginya dari benda yang cukup keras, serta terdapat handguard untuk pelindung tangan dari hantaman benda pada saat berkendara.

Nah salah satu fitur unik yang rasanya tidak bakal ada lagi di motor adventure atau offroad jaman skarang, EZ90 dilengkapi dengan perangkat kit khusu yang bisa igunakan untuk berseluncur di area salju. Luar biasa bukan? Motor EZ90 kini sudah nyaris punah dtelan jaman, tidak heran jika kemudian menjadi incaran kolektor-kolektor kelas atas.

 

comments

`